Calendar
August 2011
S M T W T F S
    Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Kategori

Mojokerto merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki suhu udara yang agak tinggi. Di kota ini masih dapat ditemukan area persawahan, perkebunan dan hutan meski tidak terlalu luas. Hal itu disebabkan seiring berjalannya waktu, banyak sekali terjadi pembangunan di kota ini sehingga area pertaniannya menjdi semakin sempit. Meskipun area pertanian di kawasan ini tidak terlalu luas, namun untuk sekarang ini mojokerto masih mampu menghasilkan berbagai jenis hasil pertanian yang lumayan banyak dan beragam, terutama berbagai jenis makanan pokok seperti padi, jagung, singkong dan lain sebagainya.
Jika dilihat dari sudut pandang kesuburan tanah, Mojokerto termasuk kota yang memiliki tanah yang subur. Karena sebagian besar lahan pertanian yang ada disana dapat ditanami dengan berbagai jenis tanaman yang mampu bertahan pada suhu panas mapun dingin. Karena tidak semua area di Mojokerto memiliki suhu panas. Ada beberapa kawasan di kota ini yang berada di daerah pegunungan yang memiliki suhu dingin. Dengan adanya perbedaan suhu dan daerah inilah yang membuat Mojokerto mampu menghasilkan berbagai jenis produk pertanian.
Mojokerto bukan merupakan kota yang memiliki produk pertanian tertentu yang menjadi unggulan kota tersebut. Namun Mojokerto memiliki produk pertanian dalam jumlah yang besar pada hasil dari persawahannya, yaitu beras.
Pertanian dalam arti luas tidak hanya terpaku pada suatu hal yang berhubungan dengan bercocok tanam saja, tetapi hal-hal lain seperti peternakan, perikanan, kelautan, kehutanan dan teknologi yang berperan didalamnya. Tidak sedikit penduduk kabupaten Mojokerto yang bergelut dalam bidang peternakan. Pada umumnya para peternak di Mojokerto memilih sapi, kambing, ayam dan bebek sebagai hewan ternak mereka. Hal itu disebabkan karena hewan-hewan tersebut mudah dipelihara di Mojokerto. Bahkan ada salah satu kecamatan di Mojokerto yang notabene penduduknya bekerja sebagai peternak bebek hingga dibangunlah patung bebek di area tersebut. Namun dalam hal perikanan, tidak banyak penduduk yang memilihnya karena area perairan di Mojokerto tidak terlalu luas. Dan tidak terdapat laut di kabupaten ini. Ada beberapa hutan di area Mojokerto, meski areanya tidak terlalu luas. Biasanya terdapat di kawasan pegunungan yang kebanyakan ditumbuhi pohon pinus.
Meski lahan pertanian Mojokerto memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan, namun masih banyak lahan yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk menjadikan area tersebut sebagai lahan pertanian yang mampu menghasilkan produk pertanian. Lahan tersebut dibiarkan begitu saja dan hanya ditumbuhi semak-semak belukar. Jika saja ada yang mau peduli akan hal itu dan memanfaatkannya secara maksimal maka hasil pertanian di Mojokerto akan semakin meningkat dan beragam serta tidak akan ada lahan yang terbengkalai
.

Comments are closed.